Home   Class Activities   Ayo Sehat!

Ayo Sehat!

Menurut Departemen Kesehatan RI (1993) ciri anak sehat adalah tumbuh dengan baik, tingkat perkembangannya sesuai dengan tingkat umurnya, tampak aktif / gesit dan gembira, mata bersih dan bersinar, nafsu makan baik, bibir dan lidah tampak segar, pernapasan tidak berbau, kulit dan rambut tampak bersih dan tidak kering, serta mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan. (Soegeng, Santoso. 2008). Oleh karena itu,  SDK PENABUR Summarecon Bekasi sangat menaruh perhatian pada pola hidup sehat. Salah satunya dengan memberikan kesempatan kepada anak untuk berolahraga dengan cara yang menarik.

Hari ini, siswa kelas IV,  bersama dengan Bapak Jeremia (guru olahraga) melakukan hurdle step. Hurdle step sangat baik untuk melatih keseimbangan dan koordinasi alat gerak tubuh. Namun sebelum melakukan hurdle step, siswa diajak untuk pemanasan, agar tubuh menjadi lebih lentur saat melakukan hurdle step.

Kardus-kardus yang menyerupai hurdle disusun oleh Bapak Jeremia, sementara siswa dibagi menjadi dua baris menurut jenis kelaminnya oleh Ms Susanty (wali kelas). Hurdle sengaja dibuat dari kardus karena bahan kardus lebih empuk , sehingga bila terjadi kecelakaan kecil, siswa tersandung dan jatuh di atas hurdle, maka hurdle tersebut tidak akan melukai siswa.

Untuk memulainya, Bapak Jeremia memperagakan cara melompati hurdle. Siswa diminta tidak terburu-buru saat melompat, berhati-hati dan konsentrasi, karena hurdle step membutuhkan koordinasi dan keseimbangan alat gerak tubuh.

Siswa melakukan hurdle step dengan sangat antusias, dan merasa tertantang untuk melompati semua hurdle.

                Selama melakukan olahraga, siswa merasa gembira dan tubuh pun sehat.

 

Share