Home   Article   Makanan Sehat dan Bergizi untuk anak

Makanan Sehat dan Bergizi untuk anak

Anak-anak membutuhkan nutrisi yang cukup agar bisa tumbuh dan berkembang dengan sehat. Oleh karena itu, anak-anak harus secara teratur makan makanan yang kaya vitamin, mineral dan nutrisi lainnya. Selain itu, anak-anak juga harus menghindari makanan olahan dan makanan ringan yang terlalu banyak gula, karena hal ini bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh mereka dan berpengaruh buruk terhadap kesehatan.

Gizi makanan untuk anak-anak berbeda dengan orang dewasa. Anak-anak membutuhkan banyak kalori namun sedikit nutrisi untuk tumbuh dengan baik, namun diet rendah lemak dianjurkan baik bagi anak-anak maupun orang dewasa. Sementara itu balita membutuhkan diet yang mengandung jumlah lemak yang baik.

Berikut tabel kebutuhan kalori untuk anak-anak dengan kelompok usia yang berbeda :

Juga harus dipastikan bahwa anak-anak tidak boleh terlalu banyak garam dalam diet mereka. Sedangkan kebutuhan garam untuk orang dewasa tidak boleh lebih dari 6 g garam dalam sehari, dan anak-anak membutuhkan kurang dari itu karena tubuhnya yang lebih kecil.

  • Anak 1-3 tahun s/d 2g sehari (0.8g sodium)
  • Anak 4-6 tahun s/d 3g sehari (1.2g sodium)
  • Anak 7-10 tahun s/d 5g per hari (sodium 2g)
  • Anak 11 tahun ke atas s/d 6g sehari (2.5g sodium)

Makanan sehat dan Paling Bergizi untuk anak-anak :

Makanan bergizi sering dikaitkan dengan buah-buahan, tetapi ada varietas makanan lain yang bergizi yang sehat dan bermanfaat bagi kesehatan anak-anak. Ikan dan kacang-kacangan mengandung protein tanpa lemak, merupakan sumber nutrisi yang ideal bagi anak-anak. Kalsium diperlukan bagi kesehatan tulang dan gigi, yang bisa diperoleh dari produk susu, seperti susu dan keju. Seluruh biji-bijian yang ditemukan dalam roti dan sereal juga merupakan sumber kaya serat yang bermanfaat.

Diet penuh gizi menawarkan banyak manfaat bagi kesehatan, seperti menurunkan kemungkinan terkena osteoporosis, penyakit jantung, kanker dan gigi berlubang. Anak-anak yang mengkonsumsi terlalu banyak makanan bergizi justru cenderung menderita obesitas.

Anak-anak bisa mendapatkan diet seimbang , yaitu dengan jalan mengonsumsi berbagai jenis makanan dari empat kelompok makanan utama di bawah ini:

  1. Roti, sereal lain dan kentang adalah makanan bertepung, yang juga termasuk pasta dan nasi – yang memberikan energi, serat, vitamin dan mineral.
  2. Buah-buahan dan sayuran adalah makanan yang menyediakan serat, vitamin dan mineral dan juga merupakan sumber antioksidan.
  3. Susu dan produk susu adalah makanan yang menyediakan kalsium untuk kesehatan tulang dan gigi, protein untuk pertumbuhan, ditambah vitamin dan mineral.
  4. Daging, ikan dan makanan alternatif lain seperti telur dan kacang-kacangan, menyediakan protein, vitamin dan mineral, terutama zat besi. Hal ini juga mengandung serat.
 

Share