Home   Events   Fieldtrip Kelas I-Keindahan Bawah Laut

Fieldtrip Kelas I-Keindahan Bawah Laut

Laut menyimpan keindahan yang unik dan menarik untuk diketahui.
Kekayaan aneka hayati bawah laut yang selama ini kita temui sehari-hari bisa jadi hanya sebagian kecilnya saja. Fieldtrip kali ini, SDK PENABUR Summarecon Bekasi mengajak siswa kelas 1 mengenal lebih jauh kekayaan dan keindahan laut dengan berkunjung ke Jakarta Aquarium.

Pada hari Selasa, 27 Maret 2018, bersama dengan 8 guru pendamping dan 4 pendamping tur dari Jakarta Aquarium, siswa melihat, mendengar, dan bermain di Jakarta Aquarium. Banyak pengalaman yag siswa dapatkan selama 5 jam mengunjungi tempat tersebut.

Pengetahuan
Terumbu karang, hewan laut yang disebut menjadi tempat tinggal bagi hewan-hewan laut lainnya menyambut kehadiran siswa di pintu masuk. ‘Terumbu karang termasuk hewan laut ya,” ujar kakak Atung, pendamping kelas 1C. Setelahnya siswa melihat ikan-ikan kecil, termasuk ikan yang menjadi tokoh animasi Nemo. Masih banyak lagi jenis ikan kecil dan besar yang djelaskan kakak pendamping. Bentuk Aquariumnya pun beragam. Ada yang menempel di dinding, ada yang terbuka bagian atasnya (tapi tidak boleh memasukkan apapun ke dalam Aquarium) dan ada yag berada dibawah kaki pengunjung. Selain itu ada ubur-ubur, bintang laut dan hewan lainnya selain ikan. Termasuk hewan laut dari masa purba, Nautilus.

Ada satu tempat yang dihiasi dengan botol-botol plastik bekas di bagian kanan dan kiri dinding. Tempat ini ternyata menjelaskan alasan dari seringnya masyarakat diingatkan untuk tidak membuang sampah sembarangan termasuk ke dalam laut. Alasannya jelas, mencemari laut, karena ketika sampah-sampah sampai ada di laut, sampah-sampah tersebut susah diuraikan dan mengganggu kehidupan di laut.

Hiburan
Selain mendapat banyak pengetahuan, siswa juga bertambah senang dengan percobaan dan pertunjukkan. Siswa diberi kesempatan memegang bintang laut, menyaksikan film 5D penyelaman ke dasar laut, bernyanyi menari bersama, mendapat hadiah hiburan boneka dan stiker serta pertunjukkan drama spesial berjudul Pearl from the South Sea di akhir perjalanan.

Pukul 13.30, akhirnya kunjungan siswa harus berakhir. Sepanjang perjalanan, sebagian siswa beristirahat dan sebagian lagi saling bercerita tentang pengalamannya di fieldtrip kali ini.

Sampai jumpa di fieldtrip selanjutnya. Ingat untuk tetap menjaga keindahan laut ya.

 

Share